Bank Syariah Indonesia

Icon

Mari belajar perbankan syariah

Tafsir Al Baqarah Ayat 278

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ اتَّقُواْ اللّهَ وَذَرُواْ مَا بَقِيَ مِنَ الرِّبَا إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ

[2:278] Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman.

Dengan ayat ini, Allah memerintahkan hambanya untuk beriman dan bertakwa melalui meninggalkan sesuatu yang dapat menjauhi hambanya dari keridhaan-Nya. Makna dari “tinggalkan sisa riba” di sini adalah tinggalkanlah hartamu yang merupakan kelebihan dari pokok yang harus dibayarkan oleh orang lain. Pada ayat selanjutnya, dijelaskan pula bahwa apabila sisa riba tersebut tidak ditinggalkan oleh orang-orang yang beriman, maka Allah dan Rasul-Nya akan memerangi pada pengambil riba tersebut. Dan ayat selanjutnya pula menjelaskan bahwa apabila terdapat orang yang sedang berhutang sedang mengalami kesulitan dalam melunasi hutangnya, hendaknya diberikan penangguhan hingga dirinya memiliki kelapangan harta. Apabila orang tersebut tidak mampu membayarnya, akan lebih baik untuk direlakan dan akan dianggap sebagai sedekah di sisi Allah.

Dengan prinsip membebaskan orang dari kesulitan, riba menjadi salah satu hal yang sangat dilarang untuk dipraktekkan dan dijanjikan untuk diperangi oleh Allah dan Rasul-Nya apabila orang-orang beriman tidak meninggalkannya setelah diberikan peringatan. Meminta tambahan atas keterlambatan pelunasan merupakan praktek riba, walaupun terkadang hal tersebut dilakukan untuk mendorong orang tersebut supaya cepat melunasi hutangnya, namun hal tersebut merupakan hal yang buruk di sisi Allah karena menyedekahkannya dengan tujuan meringankan beban orang yang berhutang adalah jauh lebih baik dan mendatangkan keridhaan-Nya.

Demikian sedikit penafsiran yang beberapa diambil dari ringkasan tafsir Ibnu Katsir.

Referensi:
Muhammad Nasib Ar-rifa’i, Kemudahan Dari Allah – Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Gema Insani, 1999

Filed under: Dasar Hukum, , , , ,

One Response

  1. Anti Riba says:

    maka dari itu mari… berjihad!!! memerangi musuh-musuh Alloh, musuh-musuh Rosul-Nya yg jg musuh-musuh kita sebagai muslimin yg merasa… mengaku… beriman! yaitu bank-bank konvensional maupun bank-bank syariah “yg masih mempraktekan riba”!!!
    tidak hanya institusinya bahkan orang-orang yg mendukungnya… yang siang dan malam berjuang demi perutnya, demi nafsunya menjejali kaum muslimin dgn sesuatu yg haram… dgn hal yg dilaknat Alloh… mereka buat bbg propaganda serta dalil-dalil “pembenaran-pembenaran”(bukan ke-benar-an) utk melegalkan perbuatan-perbuatan mereka.
    padahal mereka orang-orang munafik… seolah-olah baik, seolah-olah mensyiarkan Islam, seolah-olah menegakkan syariat Islam tapi sebenarnya mereka jadikan lebel syariah sebagai kedok untuk melecehkan syariat Islam, menyesatkan pemahaman kaum muslimin ttg syariat islam.
    banyak karyawan bank yg tahu dan menyadari apa yg mereka lakukan adalah riba, tapi mereka tutup mata mereka, mulut mereka bahkan hati mereka demi uang… demi ambisi dan nafsu mereka.
    apakah hati mereka tidak miris….!!! sakit…! terenyuh…! bila melihat para nasabah (yg mjd korban) mereka????!! bgm nasabah/debitur(korban) mereka berjuang siang dan malam… pikirannya… tenaganya… keringatnya… atau bahkan mempertaruhkan nyawanya demi membayar cicilan hutang mereka? atau disaat Alloh belum memberikan rizki kpd debitur(korban) hingga harus merelakan aset bahkan rumah yg sedang ditinggali demi melunasi hutangnya???? tidak sedikit dari para korbannya yg menjadi stress, sakit, keluarga dan hidupnya berantakan karena dosa riba yg mereka promosikan!!
    DEMI ALLOH uang yg berasal dr hasil riba haram! mereka makan hasil riba yg haram… mereka nafkahi dan jejali keluarga mereka dgn hasil riba yg haram… tidak akan berkah hidup mereka… mereka bertindak dzolim kepada anak dan istri meraka…
    Sekali lagi mari perangi mereka…!! dengan menegakkan amar ma’ruf nahi munkar… kita bangunkan mereka… kita sadarkan mereka… kami sayang pada kalian wahai saudaraku yg masih mengaku sbg muslim… jangan terus kalian bergumul dengan riba… bermaksiat… karna azab Alloh sangaat pedih… baik di dunia apalagi kelak di akhirat….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: